PENGHITUNG NILAI SBMPTN 2014 (Updated 24 Mei 2014)

PENGHITUNG NILAI (Updated 2 Mei 2014)

Total Savings Calculator

TKPA Benar Salah
IPA Benar Salah
Pilihan kamu

Nilai %
Nilai Nasional (Approx)

Adapted from
http://www.ryerson.ca/JavaScript/lectures/forms/fixedAnnuity/index.html

Coba juga penghitung nilai yang lain! http://sbmptntips.blogspot.com/p/penghitung-nilai-lain.html

Selasa, 17 September 2013

MEMILIH JURUSAN PART 2: MYTHS AND TRUTHS



Author:
Kalo belom baca artikel pertama, klik di sini dulu http://sbmptntips.blogspot.com/2013/09/memilih-jurusan-part-1-ketentuan-umum.html

Udah banyak artikel tetangga soal milih jurusan di SBMPTN. Mimin mau bikin konsep yang beda. Check them out! Sebelom loncat ke bawah, asumsi Mimin kalian udah tau mau jadi apa kalian (prospektus kerja). Beberapa bimbel ngasih buku prospektus kerja ini.

Sekali lagi diingetin kalo belom baca artikel pertama, klik di sini dulu http://sbmptntips.blogspot.com/2013/09/memilih-jurusan-part-1-ketentuan-umum.html

MYTH #A: JURUSAN DI SBMPTN GA CUMA PENDIDIKAN DOKTER, KOMPUTER, SAMA AKUNTANSI
Truth: TRUE

Yang ini udah jelas dan harusnya ga usah dibahas lagi. Klo kalian bosen liat jurusannya itu2 aja, apa salahnya klo pilihan 1 tetap yg kalian mau, tpi pilihan 2 sama 3 isi yang agak (kurang?) didenger. Contohnya Teknik Nuklir, yang cuma ada di UGM. Indonesia belom ada PLTN yang bener2 beroperasi, jadi apa salahnya kalo kalian mau jadi researcher di sana?

Kalo jurusannya cuma ada yang itu2 aja, ganti aja namanya jadi Universitas Kedokteran Indonesia/Universitas Komputer Negeri Indonesia/Universitas Akuntansi Negeri Indonesia.

MYTH #B: MILIH JURUSAN HARUS SESUAI NILAI MINIMUM ABSOLUT
Truth: TRUE & FALSE

OK. Mimin ga mau jadi mainstream gara-gara Mimin ngomong True doang.
Untuk kalian yg udh jalan bimbel, biasanya tiap bulan kalian ada Try Out. Nilainya bisa digunakan untuk track record. Kebanyakan bimbel pake cara penilaian skor nasional or nilai %. Biasanya, guru-guru bakal nyaranin kalian untuk milih jurusan sesuai nilai minimum absolut kalian. Anyway, ga ada yg bisa batasin kalian mau jadi apa, dengan catatan:
Kalian boleh aja nilainya 20 di TO pertama, tapi klo ad kenaikan yg signifikan MINIMAL dalam 3* TO terakhir sebelom mendaftar SBMPTN, kalo mau milih jurusan yang standartnya lebih tinggi it is considerable.
Nilai minimum absolut ini sebetulnya 'dibikin' biar ada variasi pemilihan jurusan sesuai kemampuan kalian masing-masing. Kalo semua orang pinter perginya ke Pendidikan Dokter or ITB, gimana yang lain mau maju coba?

MYTH #C: ABAIKAN PENGARUH ORANG
Truth: TRUE & FALSE

Orang ini bisa dari kawan, bisa juga dari ortu. Banyak yang nyaranin utk ignore kata-kata mereka. Ga 100% betul. Misalnya kawan kalian ada yg ortunya insinyur mesin. Kalian tanya ke dia "Papamu kerjaannya apa aja ya?" Dia pasti ga segan-segan cerita. Itu bisa jadi sumber informasi dan kalian bisa nentuin mau ga ke jurusan yang dia ceritain. Bahkan temen2 yang paling parah sekalipun!
Statement ini jadi balik ke nilai awalnya benar kalo misalnya kalian lagi pacaran, terus cowok/cewek kalian maksa-maksa untuk ikut dia ke jurusan yang dia suka. Misalnya pacarnya mau ke Agroëkoteknologi, tapi kalian ngerasa lebih berbakat di programming, ya kalo dia masih maksa nyuruh kalian ke Agroëkoteknologi, ya cuekin aja...

MYTH #D: BIAYA GA TERCOVER
Truth: FALSE

Kata siapa orang yang kurang mampu ga bisa kuliah di ITB atau Pendidikan Dokter? Biaya yang lain naik semua, Bidik Misi tetep ada! Bidik Misi itu apaan? Itu semacam beasiswa pendidikan yang dikasih oleh Kemdikbud. Klo kalian ngerasa kalian butuh Bidik Misi, buruan daftar sebelom telat! Nomor Bidik Misi ini nanti bakal diintegrasikan dgn pendaftaran SBMPTN kalian.
Besides it, there are also many scholarships offered by various institutions, tapi ini cuma bakal ada begitu kalian masuk kuliah.

Final notes: Kalo kalian ngerasa ada kisruh sama ortu soal jurusan, mendingan ajak ortu kalian konsultasi ke guru Bimbingan Konseling di skul. Mereka punya wawasan yang luas soal pekerjaan. Bisa jadi kisruhnya itu karena ortu kalian kurang buka pikiran/salah mengerti/kurang pengalaman soal pekerjaan yang bisa kalian dapet abis kuliah.

MYTH #E: AKREDITASI GA NGARUH
Truth: FALSE

Akreditasi merepresentasikan kualitas dari jurusan di uni yg kalian pilih. Misalny kalian mau pilih Pendidikan Matematika di PTN A, yang nilainy masih C. Padahal di kota lain ada PTN B dengan jurusan yang sama dan akreditasi A. Kalian harus consider milih PTN B di pilihan pertama dan mengesampingkan PTN A. Bukan berarti ga boleh PTN A yang jadi prioritas, tapi ini bener2 recommended.

Akreditasi bisa dicek di
http://ban-pt.kemdiknas.go.id/direktori.php

Artikel pertama
http://sbmptntips.blogspot.com/2013/09/memilih-jurusan-part-1-ketentuan-umum.html

Semoga berguna bagi kita semua.
GBU o:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar