PENGHITUNG NILAI SBMPTN 2014 (Updated 24 Mei 2014)

PENGHITUNG NILAI (Updated 2 Mei 2014)

Total Savings Calculator

TKPA Benar Salah
IPA Benar Salah
Pilihan kamu

Nilai %
Nilai Nasional (Approx)

Adapted from
http://www.ryerson.ca/JavaScript/lectures/forms/fixedAnnuity/index.html

Coba juga penghitung nilai yang lain! http://sbmptntips.blogspot.com/p/penghitung-nilai-lain.html

Rabu, 21 Agustus 2013

EARLY BIRD



Author:
sbmptntips.blogspot.com mengucapkan SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1434H, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN :)

Sbmptners, ga terasa ya kalian udah duduk di kelas XII. April 2014 nanti kalian Ujian Nasional. Ga sampe 2 bulan lagi udah SBMPTN. Tapi udah pada tau belom SBMPTN itu apa?

SBMPTN itu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Udah berapa kali ya ganti nama.
Untuk yang kepo aja:



Sebelom kita move on, kita mau bahas dulu soal jalur masuk perguruan tinggi negeri. Ada 3 jalur masuk perguruan tinggi negeri, kecuali ITB yang cuma punya 2.
1. SNMPTN
SNMPTN lebih akrab dengan sebutan Undangan or jalur UNDIAN. Sesuai namanya, Sbmptners ga usah berharap banyak untuk jalur ini. Lupain undangan, anggep aja adek2 ikut undian Gebyar Tahapan B** or ikut Lotre.
2. SBMPTN
Banyak orang ngomong "Kok 3 taun sekolah nasibnya ditentuin cuma oleh 4 hari UN?" tapi kok selama ini ga ada protes yang "Kok mau masuk PTN nasibnya ditentuin cuma oleh 2 hari ujian?". Alasannya simpel kok. Biar ga jadi spoiler. Baca terus aja sampe ke bawah.
3. UJIAN MANDIRI
Ujian mandiri diselenggarakan oleh PTN masing-masing. ITB sejak 3 taun terakhir ga ngadain Ujian Mandiri. Entah kenapa ya kebijakannya gitu. Yang jelas, kesulitan soalnya bervariasi tergantung PTN yang nyelenggarain. Misalnya di SMUP Unpad ga usah ujian karena mereka pake nilai SBMPTN, sama di USM UIN Jakarta ada mata pelajaran Agama, macem-macem deh pokoknya.

Contoh perguruan tinggi negeri yang menyelenggarakan Ujian Mandiri
UI, Simak UI
UGM, UM UGM
Unsri, USM Unsri
Unpad, SMUP Unpad
Undip, UM Undip
UB, Selma UB
Various, UMB

3 jalur di atas, sejak taun 2008 kalo ga salah, selalu khronologis. Ga ada Undangan duluan baru SBMPTN, ga ada Ujian Mandiri dulu baru undangan. Tapi, biasanya pendaftaran ujian mandiri DITUTUP sebelom pengumuman SBMPTN keluar, jadi ada baiknya kita jaga-jaga daftar dulu.

Soalnya orang yang ga dapet BAKAL LEBIH BANYAK dari yang dapet. SBMPTN secara overall, persentase orang yang dapet/orang yang ikut biasanya 1/6 atau 16-17%.

Yang jelas kesulitan soal SBMPTN selalu konstan. Ga banyak berubah. Kalopun di satu taun dia agak lebih mudah, taun depan bakal disusahin, and so on. Yang paling obvious kesulitan soalnya jauh di atas kesulitan soal UN.

Yeah. Terus materinya apa aja?
a. Tes Potensi Akademik
b. Matematika Dasar
c. Bahasa Indonesia
d. Bahasa Inggris

Untuk SBMPTN IPA (Saintek), ada 4 mata pelajaran tambahan:
a. Matematika IPA
b. Fisika
c. Kimia
d. Biologi

Untuk SBMPTN IPS (Soshum), ada 4 mata pelajaran tambahan:
a. Ekonomi
b. Geografi
c. Sosiologi
d. Sejarah

Untuk SBMPTN IPC, semua mata pelajaran tambahan harus dikerjakan.

Untuk Simak UI, ada pelajaran tambahan yaitu IPA Terpadu dan/ IPS Terpadu.

Penilaian SBMPTN dari taun ke taun selalu sama. Systemnya:
Benar +4
Salah -1
Kosong 0

Sampe taun 2008, terakhir kali SPMB, nilai dihitung pake metode NILAI MENTAH. Nilai mentah ini hasil dari rumus (denger-dengernya sih):
NILAI MENTAH = (TOTAL BENAR*4) - (TOTAL SALAH)
Nilai mentah selanjutnya digabungkan dengan nilai mentah dari seluruh peserta SPMB dan diproses sedemikian rupa dengan metode Statistika tingkat lanjut (saya aja ga ngerti haha) dan menghasilkan NILAI NASIONAL.

Sejak taun 2009, IPA Terpadu digantikan oleh TPA. Akibat perubahan ini, banyak orang yang bingung tentang cara ngitung nilainya, tapi denger-dengernya (aslinya ga pernah dibocorin sebenernya) sih diganti jadi System persentase, dengan nilai maksimum 100. Kalo mau jadiin permil (per 1000) juga bisa sih.

Untuk yang kurang beruntung tapi masih mau masuk PTN, kalian bisa ikut Bidik Misi waktu kalian daftar SNMPTN/SBMPTN. Tapi Bidik Misi ini ga berlaku kalo mau ikut Ujian Mandiri. Sering ada kejadian yang orangnya masuk SBMPTN, tapi ga ikut Bidik Misi, akhirnya dia tinggalin karena ga sanggup membiayainya.

Tadi itu baru PRAELUDIUM alias pendahuluan. Sekarang kita bahas apa itu early bird?
Ada peribahasa dalam Bahasa Inggris yang bunyinya kayak gini:
"The early bird catches the worm."
Artinya orang yang ngelakuin sesuatu duluan, yang udah prepare tentang hal itu lebih dulu dari yang lain, MOST LIKELY bakal dapetin hal itu, yang kalo secara Ekonomi langka (Baca: terbatas dan jumlahnya sedikit). Kita juga sering denger tentang Early Bird Promo. Kira-kira begitulah. Yang daftar duluan dapet harga lebih murah. Haha.

Untungnya prepare duluan:
- Punya waktu yang lebih panjang sebelom SBMPTN
- Kalo yang ikut bimbel, dapet lebih banyak TO
- Bisa dapet info dari Kakak-kakak yang baru aja ikut SBMPTN

Gimana caranya prepare duluan?
1. Ikut bimbel
Bimbelnya sih terserah, pokoknya harus ada TO minimal sebulan sekali, pengajarnya kalo bisa yang lulusan PTN, dan lokasinya ga jauh-jauh amat.
2. Beli buku
Bukunya sih terserah, tapi waktu saya cek ke Gr*media kemaren belom ada. In-depth soal cara milih buku ada di Buku Reinforcement SBMPTN 2014 edisi November-Desember.
3. Tanya Kakak kelas
Coba cari informasi mengenai Kakak kelas yang lulus SBMPTN di jurusan favorit kalian. Mereka pasti ga segan-segan kasih info soal pengalamannya. Haha.
4. Be happy
Ga usah dijelasin! :)
5. Berdoa dan beribadah
Kita ga bisa ngandalin kemampuan kita semata. Menjalin hubungan yang baik dengan Tuhan adalah langkah selanjutnya untuk early bird SBMPTN. Rajin berdoa dan beribadah, misalnya puasa Senin sama Kamis, sholat Dhuha, sholat Tahajud, Rosario, ikut Kebaktian, Puja Bakti, sembahyang bisa dilakuin.

Kayaknya itu aja yang bisa saya share untuk hari ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.
Stay tuned in @2014sbmptn untuk soal tiap hari + pembahasan dan info menarik seputar SBMPTN!

GBU o:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar