PENGHITUNG NILAI SBMPTN 2014 (Updated 24 Mei 2014)

PENGHITUNG NILAI (Updated 2 Mei 2014)

Total Savings Calculator

TKPA Benar Salah
IPA Benar Salah
Pilihan kamu

Nilai %
Nilai Nasional (Approx)

Adapted from
http://www.ryerson.ca/JavaScript/lectures/forms/fixedAnnuity/index.html

Coba juga penghitung nilai yang lain! http://sbmptntips.blogspot.com/p/penghitung-nilai-lain.html

Kamis, 12 September 2013

MEMILIH JURUSAN PART 1: KETENTUAN UMUM & TEKNIS



Author:
BIENVENUE À PALEMBANG, VILLE PLEINE DE BÉNÉDICTION*
PARTICIPANTS, ATHLETES, AND SPECTATORS OF THE 3RD ISLAMIC SOLIDARITY GAMES

Bagian 2 (MEMILIH JURUSAN - MYTHS AND TRUTHS) http://sbmptntips.blogspot.com/2013/09/memilih-jurusan-part-2-myths-and-truths.html

Well, kali ini Mimin mau bahas tentang ketentuan umum milih jurusan. Karena ini bakal panjang, Mimin bakal bagi jadi 2 artikel. Artikel ini tentang ketentuan umum & teknis.

Untuk menghindari mainstreamisme, soalnya udah banyak yang bahas tentang pemilihan jurusan, Mimin mau bikin artikel yang agak beda.

A. JUMLAH JURUSAN YANG BISA DIPILIH
Sejak Sbmptn taun ini, ujian Sbmptn IPA & IPS udah boleh milih 3 jurusan, instead of 2. IPC juga tetep 3. Artiny, kalian ga bisa milih FTTM ITB, FK Unsoed, SBM ITB, sama Akuntansi UIN Jakarta sekaligus. Makanya harus bener2 dipikirin mateng2 jurusan yg bener2 kalian pengen pilih.

B. HARUS ADA YANG SEWILAYAH
Sewilayah di sini maksudnya wilayah ujian. Misalnya kamu dari Tanggerang (Wilayah I), tapi karena kalian mau sekalian liburan, kalian ujiannya di Denpasar (Wilayah II). Hehehe... Artinya wilayah yg berlaku di sini adalah Wilayah II.

Kalo cuma milih 1 jurusan, milih di manapun GA MASALAH. Mau ke Uncen Papua sana, mau ke Unsyiah Banda Aceh boleh sekalipun kalian di Wilayah II.
Tapi, ya orang normal (mainstream[?]) biasanya milih lebih dari 1 jurusan. In this case, salah satu pilihan kalian HARUS ADA DI WILAYAH KALIAN UJIAN.
Contohnya:
Pilihan 1 - FK Unud (Wilayah II)
Pilihan 2 - Teknik Pertambangan Unsri (Wilayah I)
Pilihan 3 - Dikosongin :p

C. SKALA PRIORITAS
Skala prioritas ini ga hanya berlaku utk management waktu. Ini juga nentuin kelulusan kita di Sbmptn. Maksudnya kelulusan di Sbmptn itu ditentuin kayak gini.
Pertama kali dia ngeliat kelulusan kalian di Pilihan 1, kalo lulus ya langsung lulus di sana.
Klo ga baru dia pindah di Pilihan 2, terus kalo masih belom lulus di Pilihan 3.

Biasanya pilihan 1 ini cuma ada 3 kemungkinan: Pendidikan Dokter, ITB, or Akuntansi.
Kenapa ya?
Udah rahasia umum kalo 3 tempat di atas itu banyak peminatnya. Jangan-jangan kalian one of them. Ini yang bikin Nilai Minimum Relatif (NMR) untuk 3 tempat itupun tinggi. Biasanya sih semua orang mainstream kayak gini, kecuali klo emg udh ad niat yg mateng ke jurusan yg punya NMR lumayan mudah didapet.

D. UJIAN KETERAMPILAN
Beberapa jurusan butuh ujian keterampilan yang biasanya dilaksanain sehari setelah Sbmptn. Contohnya itu... Olahraga, Seni Tari, sama Seni Musik (Universitas Negeri Jakarta). Sayang banget ya cuma ada 1 or 2 PTN di Indonesia yg nyediain jurusan Musik, padahal prospektus untuk Musik bagus banget ke depannya. Apalagi Musik Klasik.

*Trivia: Klo ke Palembang. Tulisan di spanduknya persis klo diterjemahin pake Google ^^
Kenapa ada Bahasa Prancis? Soalnya dulu seluruh Jazirah (Peninsula) Arab, Mesir, Tunisia dijajah Napoleon. Jadi Français itu bahasa kedua di sana. Tapi di Arab Saudi bahasa kedua ya Bahasa Indonesia.

Bagian 2 (MEMILIH JURUSAN - MYTHS AND TRUTHS)
 http://sbmptntips.blogspot.com/2013/09/memilih-jurusan-part-2-myths-and-truths.html

GBU o:)

VISIT PALEMBANG 2013
WORLD HERITAGE CITY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar